Month: August 2016

Data Warehouse dan Online Analytical Processing (OLAP).

  1. Online Analytical Processing (OLAP)

    Online Analytical Processing, atau disingkat OLAP adalah metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat, yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analis. OLAP adalah bagian dari kategori yang lebih global dari pemikiran bisnis, yang juga merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian data. Aplikasi khusus dari OLAP adalah pelaporan bisnis untuk penjualan, pemasaran, manajemen pelaporan, manajemen proses bisnis (MPB), penganggaran dan peramalan, laporan keuangan dan bidang-bidang yang serupa. Istilah OLAP merupakan perampingan dari istilah lama database OLTP (Online Transaction Processing).
    Secara singkat OLAP adalah suatu proses yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap data dalam bentuk yang kompleks dan menganalisa data yang bervolume besar. maka dari itu OLAP seringkali disebut analisis data multidimensi.

  2. Data Warehouse

    Data warehouse adalah data-data yang beorientasi subjek, terintegrasi, memiliki dimensi waktu, serta merupakan koleksi tetap (non-volatile), yang digunakan dalam mendukung proses pengambilan keputusan.  Data warehouse adalah sebuah sistem yang mengambil dan menggabungkan data secara periodik dari sistem sumber data ke penyimpanan data bentuk dimensional atau normal (Rainardi, 2008). Data warehouse didesain untuk kita bisa melakukan query secara cepat. Informasi diturunkan dari data lain, dilakukan rolling up untuk dijadikan ringkasan, dilakukan operasi drilling down untuk mendapatkan informasi lebih detail, atau melihat pola yang menarik atau melihat trend (kecenderungan).

    – Keuntungan Data Warehouse
    Data warehouse merupakan pendekatan untuk menyimpan data dimana sumber-sumber data yang heterogen(yang biasanya tersebar pada beberapa database (OLTP) dimigrasikan untuk penyimpanan data yang homogen dan terpisah. Keuntungan dengan menggunakan data warehouse adalah :
    Data diorganisir dengan baik untuk query analisis dan sebagai bahan untuk pemrosesan transaksi.Perbedaan diantara struktur data yang heterogen pada beberapa sumber yang terpisah dapat diatasi.
    Aturan untuk transformasi data diterapkan untuk memvalidasi dan mengkonsolidasi data apabila data dipindahkan dari database OLTP ke data warehouse. Masalah keamanan dan kinerja bisa dipecahkan tanpa perlu mengubah sistem produksi.

    CONTOH DARI OLAP :
    Seperti data karyawan, kita harus membutuhkan data perseorangan dengan cara menyimpan data tersebut dalam bentuk database yang bisa memuat data lebih banyak dan kita juga tidak kesusahan dalam mencari data tersebut dengan bertele – tele. dari data tersebut kita dapat membandingkan data bulan yang lalu dengan data bulan saat ini. kita dapat mengetahui dari data karyawan tsb bahwa kita mengetahui seberapa penting nya kita mengetahui data tersebut seperti data karyawan yang sakit.